Bupati Sidrap Hadiri Pesta Panen di Desa Bulucenrana

SOROTMAKASSAR - SIDRAP.

Bupati Sidrap, H. Dollah Mando menghadiri acara Pesta Panen yang dilaksanakan warga Desa Bulucenrana, Kecamatan Pitu Riawa, Senin 3 Oktober 2022.

Pesta panen dirangkaikan tudang sipulung diselenggarakan di Soppo Batu, Desa Bulucenrana, merupakan kegiatan tahunan diikuti enam dusun setempat.

Pada perayaan pesta panen tersebut, ada 2 kerbau dan ratusan ekor ayam kampung sumbangan dari warga disembelih untuk dimakan bersama.

Bupati Sidrap Dollah Mando pada kesempatan itu mengungkapkan, kegiatan pesta panen masyarakat merupakan wujud rasa syukur kepada Allah SWT atas hasil panen yang menggembirakan. Apalagi, sambungnya, saat ini harga gabah mengalami kenaikan.

Lanjut Dollah Mando berharap kegiatan itu juga menjadi evaluasi agar ke depan hasil panen petani lebih baik.
“Pada musim tanam kali ini, masyarakat Sidrap ada yang gembira begitupun sebaliknya, akibat banyaknya serangan baik hama, terutama tikus dan penggerek yang muncul karena iklim," ungkap Dollah Mando.

Di kesempatan itu, Dollah Mando mengingatkan petani untuk berhati-hati membeli benih secara online yang kualitasnya belum teruji kesesuaiannya di Kabupaten Sidrap.

“Varietas internet ini belum pernah diuji coba, sehingga dikhawatirkan tidak tahan terhadap serangan hama," pesan Dollah Mando.

Terkait kebutuhan pupuk di Kabupaten Sidrap, kata Dollah Mando, Pemerintah melakukan antisipasi dengan mengadakan pupuk alternatif.

"Itulah yang kita beli kemudian bawa ke masyarakat, kemudian dipersilakan untuk memilih. Karena petani kita ini berbeda-beda dalam pemilihan pupuk," terang Dollah Mando.

Panen raya turut dihadiri Kasdim 1420 Sidrap, Mayor Arm Arie Widarto, Camat Pitu Riawa, Ali Husain, Kades Bulucenrana, Andi Oddang, Ketua Pemangku Adat, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda dan masyarakat setempat. (Risal Bakri)

Politik

Pendidikan

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN