Siswa-siswi Kelas VII SMP Negeri 1 Sinjai Lakukan Pembelajaran di Luar Kelas

SOROTMAKASSAR - SINJAI.

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) adalah salah satu program dalam Kurikulum Merdeka. Manfaat yang dapat diperoleh di antaranya, peserta didik memiliki ruang dan waktu untuk mengembangkan kompetensinya, memperoleh pengetahuan yang lebih mendalam, serta memperkuat karakter Profil Pelajar Pancasila.

Seperti yang dilaksanakan oleh UPTD SMP Negeri 1 Sinjai, Sabtu (01/10/2022). Seluruh siswa-siswi kelas VII melakukan outing class (pembelajaran diluar kelas) di dua tempat yaitu di Galeri Koperasi dan UMKM serta di Taman Purbakala Batu Pake Gojeng.

Wakil Kepala SMPN 1 Sinjai bidang Kesiswaan Darmawati mengatakan, kegjatan ini merupakan salah satu program sekolah yang merupakan implementasi dari kurikulum merdeka yang mulai ditetapkan di tahun ajaran 2022/2023.

"Di SMPN 1 Sinjai ada 8 kelas siswa-siswi kelas VII sehingga kami bagi dua. 4 kelas di Galeri Koperasi dan 4 kelas juga di Taman Purbakala Gojeng dengan tema yang berbeda pula," jelasnya.

Di Galeri Koperasi dan UMKM, para siswa fokus untuk melihat dan mengamati hasil kerajinan dan produk lokal Sinjai yang dipamerkan serta melalukan wawancara tentang mekanisme dan hal lain dalam produk yang dipamerkan.

Sedangkan di obyek wisata Taman Purbakala Batu Pake Gojeng, para siswa-siswi melakukan latihan senam pelajar pancasila dan merekam senam kreasi pelajar pancasila ciptaan siswa-siswi itu sendiri.

"Dari kegiatan seperti inilah kita bisa lihat bagaimana pembentukan karakter siswa-siswi, karena proyek P5 ini dititik beratkan pada 6 karakter yaitu, beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, berkebhinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis dan kreatif," urainya.

Darmawati berharap dengan adanya implementasi ini bisa melahirkan generasi muda sebagai pelajar sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila. (AaN)

Politik

Pendidikan

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN