Kembali, Ajiep Padindang Laksanakan Sosialisasi Empat Pilar di Kota Makassar

SOROTMAKASSAR -- Makassar.

Anggota MPR RI Dr. H. Ajiep Padindang, SE, MM, kembali melaksanakan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI dengan segmen Penyuluh dan Kader Keluarga Berencana (KB) di dua kecamatan, yakni Kecamatan Makassar dan Kecamatan Mariso, Kota Makassar.

Sosialisasi ini dilaksanakan di Warkop Bahagia jl. Cendrawasih Kota Makassar (11/06/2021), dihadiri Ketua Ikatan Penyuluh Keluarga Berencana (IPeKB) Kota Makassar Rahmatsyah, SKM, MKes.

Materi sosialisasi yakni Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika. Sosialisasi yang diikuti 150 orang peserta menerapkan standar protokol kesehatan.

Sebelum membuka acara, Ajiep Padindang dalam pengantarnya mengungkapkan, sosialisasi Empat Pilar MPR RI merupakan Program MPR RI untuk memasyarakatkan nilai-nilai kebangsaan. Dan, Anggota MPR RI bergelar Doktor ini, juga mengingatkan bahwa Pandemi Covid-19 belum berakhir dan saat ini telah muncul varian baru.

"Karenanya, kita harus tetap waspada dengan mematuhi standar protokol kesehatan Covid-19," imbau Ajiep Padindang.

Dihadapan peserta saat penyajian materinya, Ajiep Padindang, mengulas satu persatu materi Empat Pilar MPR RI yakni; Pancasila sebagai Dasar dan Ideologi Negara, UUD NRI Tahun 1945 sebagai Konstitusi Negara, NKRI sebagai bentuk Negara, dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan Negara. Sila Pertama Pancasila, Ketuhanan Yang Maha Esa, artinya Warga Negara Indonesia harus ber-Tuhan.

“Orang Indonesia harus ber-Tuhan, tidak ada tempat bagi orang yang tidak ber-Tuhan di Negara ini, apa pun agamanya yang diakui negara,” sambung Ajiep Padidang.

Kemudian dikatakan, Pandemi-Covid-19 telah menguji berbagai aspek kehidupan masyarakat. adalah, lanjut Ajiep Padidang

“Yang pertama diuji adalah aspek keber-agama-an kita. Kita harus menyadari bahwa Tuhan yang yang Maha Kuasa yang menentukan segalanya, karenanya kita harus lebih mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa Allah SWT,” urainya.

Demikian pula, kata Ajiep, sila kedua sampai sila kelima Pancasila yakni nilai-nilai kemanusiaan, persatuan, musyawarah, dan keadilan sosial. Nilai-nilai tersebut yang dalam bahasa Makassar Siri na Pacce yakni rasa solidaritas sosial kita diuji di era pandemi ini.

Setelah penyajian materi oleh Anggota MPR RI, acara dilanjutkan tanya jawab dan diskusi. Kesempatan tersebut disambut baik peserta sosialisasi dengan mengajukan beberapa pertanyaan, yang selanjutnya semua pertanyaan tersebut dijawab Ajiep Padindang.

Sebelum menutup Sosialisasi Empat Pilar, Ajiep Padindang menyampaikan, pengendalian penduduk harus terus dilakukan karena bermuara kepada kesejahteraan masyarakat. (rk)

Politik

Pendidikan

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN