Jappi: Deklarasi Malino Menyikapi perkembangan Politik Menjelang Pilkada Serentak 2024 Di Sulawesi Selatan (Bagian Kedua)

SOROTMAKASSAR - GOWA

Kegiatan Family Ghatering (FG) di Villa Pucuk Mderah Malino Kabupaten Gowa telah berlangsung dari tanggal 2 - 3 Agustus 2024, yang dilaksanakan Yayasan Jaringan Advokasi Pembangunan Politik Indonesia (JAPPI) yang diikuti 15 orang Pengurus dan Tenaga Ahli JAPPI.

Dari hasil diskusi politik dengan tema Pilkada Serentak dan Ancaman Klan Politik 2024 di Sulawesi Selatan, Tim JAPPI merumuskan naskah Deklarasi Malino yang terdiri dari 4 (empat) poin :



1. Mengharapkan Partai Politik untuk melaksanakan proses demokrasi yang sehat dalam Pilkada Serentak dengan mengajukan Calon Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah di tingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota.
2. Penyelenggaraan Pemilu dalam hal ini KPUD dan Bawaslu hendaknya menyosialisasikan secara massif dan terstruktur PKPU Tentang Pencalonan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah kepada partai-partai politik dan masyarakat.
3. Rangkaian tahapan pelaksanaan Pilkada Serentak di Sulawesi Selatan tidak mestinya terkendala pencairan anggaran oleh pemerintah daerah karena akan mengganggu kinerja KPUD, Bawaslu bahkan unsur pengamanan (Kepolisian dan TNI).
4. Budaya politik sesuai kearifan lokal Sulawesi Selatan hendaknya dapat ditumbuhkembangkan dalam pilkada serentak terutama untuk meminamilisir praktik transaksional yang dapat dimainkan oleh KLAN Politik.

Hasil rumusan deklarasi malino, seluruh peserta bertandatangan sebagai pernyataan sikap bersama dalam menyikapi Pelaksanaan Pilkada Serentak 2024.

Di hari kedua, Minggu (3/8/2024) Deklarasi Malino diadakan di tengah-tengah untuk meningkatkan dominasi politik klan dalam persiapan Pilkada Serentak 2024 di Sulawesi Selatan. Acara Deklarasi Malino dibacakan oleh Jamal Andi, S.Sos.,M.Si, dan diakhiri dengan penutupan Family Ghatgering dari Pembina JAPPI Dr. H. Ajiep Padindang, SE.,MM. yang telah berlangsung selama dua hari.

Kegiatan ini berhasil mempererat hubungan antara anggota JAPPI serta meningkatkan semangat kolektif untuk mewujudkan perubahan politik yang lebih baik. Dengan deklarasi ini, JAPPI berharap dapat memberikan konstribusi nyata dalam menjaga kualitas demokrasi di Sulawesi Selatan dan mendorong partisipasi aktif seluruh elemen masyarakat dalam Pilkada Serentak 2024. (habis-ap/rk)

Politik

Pendidikan

Opini

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN