"Kiri Depan Daeng" Resmi di Luncurkan, Arsip Pengetahuan Transportasi Makassar

SOROTMAKASSAR - MAKASSAR

Kick off Buku "Kiri Depan Daeng" resmi diluncurkan di Pusat Pelaksanaan Makassar International Eight Festival and Forum (F8) Tahun 2024 di Anjungan Pantai Losari dan Tour Book di Cafe Agung Jalan Dr. Ratulangi Makassar, Sabtu (27/7/2024).

Kegiatan yang diberi nama Kick off Book Tour "Kiri Depan Daeng" berlangsung meriah yang dipandu oleh Luna Vidya. Dalam penjelasannya saat peluncuran buku tersebut, mengungkapkan akan melakukan Book Tour pada berbagai segment masyarakat di Kota Makassar.

"Buku ini dapat diakses lanhsung masyarakat Kota Makassar dengan melakukan scan pada barkot yang telah disiapkan. Disamping itu, ada juga disapkan dalam bentuk E-Book. Buku ini tidak untuk diperjualbelikan,"ucap Luna Vidya.

Peluncuran dilakukan dengan penyerahan secara simbolis dari Luna Vidya selaku Koordinator Makassar UKPACT Program kepada Dinas Perhubungan Kota Makassar, Dinas Perpustakaan Kota Makassar, Daeng Malik sebagai Ketua Tim Kontributor, dan Mewakili Forum Masyarakat Penyandang Dissabilitas Kota Makassar.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Makassar yang diwakili Dr. Jusman (Kepala Bidang Angkutan Umum) mengatakan penyusunan buku yang bercerita tentang Transportasi di Kota Makassar merupakan sejarah baru, karena baru pertama kali ditulis tentang sejarah transportasi publik di Kota Makassar, sekaligus ini memberikan pelajaran kepada kita semua bahwa minat masyarakat untuk menulis buku perlu terus digali karena ternyata menulia itu mudah karena hanya menuangkan ide-ide dan pengalaman kita semua.

"Semoga buku ini dapat memberikan manfaat kepada kita semua, khususnya Pemerintah Kota Makassar di bidang transportasi publik" ungkap Jusman menaruh harapan.

Sementara itu Sekretaris Dinas Perpustakaan Kota Makassar menekankan pentingnya peningkatan literasi masyarakat dalam berbagai bidang yang saat ini arsip pengetahuan tentang transportasi publik di Makassar telah diterbitkan.

"Mudah-mudahan buku ini dapat lebih memperkaya e-katalog dalam perpustakaan Kota Makassar dan dapat dinikmati oleh masyarakat luas" ujarnya.

Setelah Kick Off dilaksanakan di Lokasi F8, lalu peserta termasuk awak media berlanjut ke Cafw Agung di Jl.Dr. Ratulangi dengan Tour Book yang merupakan rangkaian kegiatannya.Acaranya dikemas dalam bentuk penjelasan materi buku dan hal-hal teknis lainnya sehingga buku ini berhasil diterbitkan.

Kembali Luna Vidya sang host memulai menjelaskan bahwa buku ini ditulis oleh 32 orang kontributor dari berbagai kalangan. Dari ibu rumah tangga sampai kalangan akademisi yang bergelar doctor. Isinya memuat 40 tema tentang transportasi publik di Kota Makassar.

Ketua Tim Kontributor Daeng Malik menjelaskan buku ini nenjadi sangat menarik bagi kami karena hanya disusun dalam waktu yang singkat, kurang lebih satu bulan dan dicetak dalam waktu empat hari saja, buku ini juga telah terdaftar resmi di Perpustakaan Nasional dengan terbitnya ISBN.

“Muatan materi dalam buku ini mencoba mengungkap memori para kontributor tentang oengalaman mereka merasakan dan melihat sejarah transportasi publik di Kota Makassar, buku ini seakan akan menjadi mesin penjelajah waktu yang mengarungi kenangan tentang transportasi publik di Kota Makassar," kata Daeng Malik.

Kegiatan ditutup dengan pembacaan doa yang dilanjutkan pemotongan Nasi Tumpeng sebagai tanda Syukur atas terbitnya buku ini dan foto bersama dengan seluruh tim kontributor dan peserta kegiatan. (AP/rk)

Politik

Pendidikan

Opini

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN