I Production, Wadah Pembinaan Bidang Seni dan Sosial di Manggarai Barat

SOROTMAKASSAR -- Manggarai Barat.

Satu lagi wadah pembinaan yang ada di Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), yakni 'I Production' yang didirikan tahun 2009, bergerak di bidang pendidikan kesenian, sanggar seni, sosial dan lingkungan hidup.



Kerjasama Pemkab Manggarai Barat dengan I Production telah terjalin dengan baik. Dimana lembaga ini membantu pemkab masalah peningkatan sumber daya manusia (SDM) di bidang seni dan sosial. Awal terbentuknya mendirikan PAUD di Desa Bari Kecamatan Macang Pacar.

Tahun yang sama mengadakan pelatihan dan workshop bekerjasama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI - Sentra Kreatif Indonesia Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Bidang Seni Budaya.

Vigula Gaudens, S.Pd sebagai Ketua I Production bersama Andi Tenri Lebbi membawa group ini sebagai Event Organizer pada beberapa prestasi melalui kegiatan Sail Komodo, pertemuan bank daerah se-Indonesia, gerakan Indonesia bersih, dan karya-karyanya pernah mendapatkan juara favorit pada lomba karya tari se-Indonesia Timur, festival serumpun sebalai di Bangka Belitung, juara umum kategori rancangan kostum dan model daur ulang di Jakarta, juara umum pemilihan model batita bergaya bintang di Jakarta.

Tahun 2012 peraih Rekor MURI Penari Ndundun Dake terbanyak dan pengguna selendang songke terbanyak, kemudian rekor Lembaga Prestasi Dunia Indonesia (Leprid) makan kompiang dan minum kopi Flores terbanyak. Selain itu, bidang lingkungan hidup, melaksanakan workshop daur ulang sampah, membuat souvenir daur ulang sampah dan mengikuti pameran daur ulang di Kecamatan Tallo, Sulsel.

I Production pun membuat terobosan yang berorientasi bisnis yakni, Cafe Seniman dan pembuatan cemilan dari daun kelor seperti kerupuk daun kelor, kerupuk bawang, tacupiang, minuman teh, kopi kelor dan kopi rempah Flores. 

Lembaga ini sebagai penggagas terbentuknya Dewan Kesenian Manggarai Barat. Karena torehan prestasi mendapat kunjungan khusus dari Menteri Perdagangan era Presiden SBY, Maria Pangestu, Gubernur NTT Frans Ribu Raya, Dirjen Kelautan RI, Direktorat Kesenian, dan Gubernur Bank Indonesia. (rk)

Politik

Pendidikan

Opini

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN