Asisten II Pemprov Sulsel Hadiri Puncak Hari Jadi Sinjai Ke-460

 

SOROTMAKASSAR - SINJAI.

Puncak Hari Jadi Sinjai (HJS) ke-460 berlangsung meriah di Halaman Rumah Jabatan (Rujab) Bupati Sinjai, di Jalan Persatuan Raya Sinjai, Selasa (27/02/2024) pagi.

Acara puncak yang digelar dengan berbagai rangkaian kegiatan ini dihadiri oleh Pj. Gubernur Sulsel yang diwakili oleh Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel, dr. Muhammad Ichsan Mustari.

Dalam momen tersebut Pj. Bupati Sinjai Bupati Sinjai membeberkan terkait 8 Program Prioritas yang dijadikan fokus utama dalam masa jabatanya saat ini. Mulai dari kesuksesan penyelenggaraan pemilu dan pilkada serentak 2024.

Kemudian, pengendalian inflasi melalui pemantauan dan pengendalian ketersedian dan perkembangan harga kebutuhan bahan pangan, menyelenggarakan beberapa kali pasar murah dan pasar tani berkah.

"Alhamdulillah tercatat bahwa inflasi di Kabupaten Sinjai periode Desember 2023 adalah sebesar 2,84 persen dan awal Tahun 2024 pada posisi 2,31 persen. Angka ini berada dibawah angka rata-rata nasional," ucapnya.

Dalam penanganan stunting, dilaksanakan dengan berbagai kegiatan antara lain pemberian makanan tambahan balita di Posyandu dan anak sekolah PAUD, pemberian makanan tambahan dan vitamin untuk ibu hamil, pemantauan dan pendampingan Ibu Hamil dengan Gangguan Kekurangan Energi Kronis (KEK) hingga budidaya ikan di dalam ember untuk keluarga dengan anak Stunting.

Hadirnya Mall Pelayanan Publik Elektronik (MPPE) sebagai upaya meningkatkan kemudahan masyarakat mengakses pelayanan digital dari gadget di tangan masing-masing, juga merupakan program prioritas dalam meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat.

Lebih lanjut disampaikan, upaya pemerintah adalam penanganan kemiskinan ekstrim seperti Program Keluarga Harapan dan pemberian Bantuan Langsung Tunai, memberikan pelatihan dan penempatan tenaga kerja, padat karya tunai desa, pengembangan UMKM dan bedah rumah.

"Kita juga terus berupaya mengembangkan sistem pemerintahan berbasis elektronik. Saat ini, dalam persuratan kita telah semakin terbiasa dengan menggunakan persuratan digital yang memangkas waktu pembuatan, verifikasi, penandatangan hingga distribusi surat," jelasnya.

Terkait program ketahanan dan kedaulatan pangan, Kabupaten Sinjai menjadi bagian dari program pengembangan Pisang Cavendish, Sukun, Nenas dan Durian serta program pengembangan Sapi melalui upaya Inseminasi Buatan (IB). Sementara dalam upaya menciptakan keamanan, ketentraman dan ketertiban umum, bersama seluruh jajaran Forkopimda pihaknya terus menjaga agar stabilitas daerah dengan terus menjalin komunikasi dan koordinasi serta membangun kebersamaan antar semua lini.

"Upaya yang sudah kami lakukan tentu tak akan kami bisa capai tanpa dukungan Pemrintah Pusat dan Provisnsi Sulsel sehingga kami tetap mengharapkan support dan dukungan untuk semakin mengembangkan pembangunan di Kabupaten Sinjai ini," harapnya.

Sementara itu, Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel, dr. Muhammad Ichsan Mustari menyampaikan ucapan dirgahayu kepada Kabupaten Sinjai yang ke 460 tahun dan berharap semoga diusianya yang matang, Sinjai semakin maju, berkembang dan memberikan dampak positif bagi masyarakat Sulsel.

Dalam kesempatan tersebut, pihaknya juga menyampaikan secara singkat berbagai program Pemerintah Provinsi Sulsel mulai dari sektor pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan serta sektor lainnya.

"Kami mengajak Sinjai untuk berkolaborasi dalam mendukung dan memasifkan program pemerintah sesuai dengan potensi yang ada. Semua ini kita lakukan tidak lain untuk memajukan Sulsel dan meningkatkan perekonomian masyarakat," ucapnya.

Pada puncak peringatan HJS Ke-460, hadir sejumlah, para Forkopimda Provinsi Sulsel, para Bupati/Walikota dari berbagai daerah di Sulsel, para mantan Bupati dan Wakil Bupati Sinjai serta jajaran Pemkab Sinjai. (adz)

Politik

Pendidikan

Opini

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN