Terjadi Longsor di Poros Toraja-Palopo, Akses Jalan Penghubung Putus Total

Terjadi Longsor di Poros Toraja-Palopo, Akses Jalan Penghubung Putus Total

SOROTMAKASSAR -- Palopo.

Terjadi bencana alam tanah longsor di kilometer 23 dari arah Polopo dan kilometer 42 dari arah Toraja Utara, tepatnya di Kelurahan Batang Barat, Kecamatan Wara Barat, Kota Palopo, Jumat (26/06/2020) sore.

Bencana alam tanah longsor yang terjadi tepat di area rumah makan dengan julukan Warung Tengah dan mengakibatkan badan jalan raya poros Toraja-Palopo terputus total serta badan jalan yang terputus kurang lebih 50 meter panjangnya akibat ambruk dibawa oleh tanah.

Selain badan jalan yang ambruk, 5 (lima) unit rumah dan warung milik warga, juga ikut terbawa serta tertimbun tanah longsor. Dengan kejadian tanah longsor itu, arus lalulintas poros Palopo ke Toraja terputus total.

"Bencana terjadi sore tadi sekitar pukul 16.23 Wita. Dalam peristiwa itu tidak ada korban jiwa, hanya rumah dan warung yang terbawa tanah longsor,” ungkap mak Intan yang rumahnya nyaris terbawa longsor, di area Warung Tengah.

Dia jelaskan, sejak beberapa waktu yang lalu, warga memang sudah was-was dan mengosongkan area itu. Karena sudah banyak bangunan yang retak serta amblas.

"Kondisi jalanpun di Warung Tengah memang sudah amblas sejak beberapa bulan yang lalu, dan ditambah hujan sejak tadi malam hingga siang, mengakibatkan terjadi longsor," ujar mak Intan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palopo, Anthonius Dengen membenarkan kejadian itu sesuai dengan yang dilaporkan Pusdalop BPBD ke BPBN dan sementara dalam penanganan di beberapa titik material longsor.

“Betul kejadian itu, dan baru saja kejadiannya. Akibat longsor, jalan terputus jalur Palopo-Toraja Utara,” kata Anthonius. (man)

Politik

Pendidikan

Opini

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN