Pangdam XII/Tanjungpura Lepas Satgas Yonif 144/Jaya Yudha Kembali ke Home Base

SOROTMAKASSAR - PONTIANAK.

Pangdam XII/Tanjungpura (Tpr), Mayjen TNI Sulaiman Agusto, SIP, MM melepas keberangkatan personel Satgas Batalyon Infanteri (Yonif) 144/Jaya Yudha (JY) untuk kembali ke Home Base. Satgas ini telah selesai melaksanakan tugas operasi pengamanan perbatasan RI - Malaysia. Upacara pelepasan berlangsung di Pelabuhan Dwikora, Pontianak, Selasa (07/06/2022).

Satgas Yonif 144/Jaya Yudha ini telah melaksanakan operasi pengamanan selama kurang lebih 12 bulan di sepanjang perbatasan Indonesia - Malaysia sektor timur. Selanjutnya mereka akan kembali ke kedudukannya di Rejang Lebong, Bengkulu. Untuk saat ini tugas menjaga wilayah perbatasan tersebut telah digantikan oleh Satgas Pamtas RI - Malaysia Yonarmed 19/Bogani.

Saat acara pelepasan, Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Sulaiman Agusto mengatakan, penugasan yang dilakukan selama ini, merupakan kontribusi nyata terhadap pencapaian pemerintah untuk menjadikan wilayah perbatasan sebagai teras depan Negara Indonesia.

Pangdam menyebutkan, keberhasilan operasi yang telah dicapai oleh Satgas 144/Jaya Yudha selama bertugas sejumlah 136 kasus, diantaranya Ilegal Entry : 29 kasus, Ilegal Trading : 9 kasus, Ilegal satwa : 2 kasus, Narkoba : 1 kasus serta Senpi dan Muhandak : 95 kasus.

"Sebagai prajurit Sapta Marga dan prajurit profesional harus menyadari, prestasi yang telah diraih dalam penugasan kiranya dapat dipertanggungjawabkan dan dipertahankan, bahkan prestasi tersebut hendaknya dapat dijadikan pelajaran dan sumber inspirasi untuk melaksanakan tugas lebih baik lagi," harapnya.

Mayjen TNI Sulaiman Agusto selaku Panglima Komando Penugasan Gabungan Pengamanan Wilayah Perbatasan Darat (Pangkogasgab Pamwiltasrat) RI-Malaysia sektor Kalimantan Barat, mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Danyon beserta seluruh Prajurit Yonif 144/Jaya Yudha atas pelaksanaan tugasnya selama di perbatasan RI-Malaysia. Selanjutnya berpesan kepada unsur pimpinan supaya melaksanakan pengecekan terakhir sebelum embarkasi.

"Laksanakan pengecekan terhadap personel maupun materiil terutama senjata dan Muhandak, sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
Jaga faktor keamanan selama di perjalanan, selamat jalan semoga selamat sampai tujuan, sampaikan salam hormat saya kepada keluarga yang telah menunggu kalian di Home Base," pesannya mengakhiri. (*)

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN