Negatif, Hasil Swab 14 Tenaga Kesehatan

SPRPTMAKASSAR -- Luwu Utara.

Juru Bicara (Jubir) Covid-19 Luwu Utara (Lutra), Sulawesi Selatan (Sulsel) kembali mengumumkan hasil pemeriksaan real time Polymerase Chain Reaction (PCR) Swab yang diterima Gugus Tugas Percepatan dari Balai Besar Laboratorium Kesehatan Makassar, Senin (1/6/2020).

Sesuai pengumuman tersebut, sebanyak 14 sampel Swab yang diterima Jubir Covid-19 Lutra, I Komang Krisna semuanya dinyatakan negatif atau tidak terinfeksi Covid-19, dari 88 tenaga medis yang dikirim sampel atau spesimen dari Puskesmas Baebunta dan Masamba.

I Komang Krisna menjelaskan, orang yang dinyatakan positif rapid test belum tentu positif Covid-19, sehingga yang menentukan seseorang terinfeksi Covid-19 harus berdasarkan pemeriksaan Gold Standar WHO yaitu RT PCR melalui Swab.

Rapid test atau tes cepat dilakukan dengan mengambil sampel darah untuk mengetahui adanya reaksi antibodi di tubuh peserta tes. Hasil positif pada rapid test menandakan bahwa ada reaksi tubuh terhadap masuknya infeksi virus.

Untuk memastikan pasien terinfeksi atau tidak dengan Covid-19, maka perlu dilakukan pengambilan sampel Swab untuk selanjutnya dilakukan pemeriksaan melalui RT PCR Test, dan selama menunggu hasil PCR maka orang tersebut harus menjalani isolasi mandiri.

Jubir Covid-19 Lutra menyebutkan, sampai saat ini pihaknya telah mengirim 613 sampel/spesimen untuk diperiksa di Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Makassar, terdiri dari kasus Orang Tanpa Gejala (OTG), Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pemantauan (PDP) dengan hasil konfirmasi Positif Covid-19 sebanyak 43 kasus.

Sekadar di ketahui bahwa protokol New Normal Life perlu pengawalan yang ketat karena pertumbuhan kasus corona di Indonesia sedang subur-suburnya. Salah satu faktor yang mempengaruhi adalah karakter masyarakat yang suka bergerombol, berkerumun dari keramaian. (yustus)

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN