Berkunjung ke Kantor Baru PWI Sulsel, Kapolrestabes Makassar Nyatakan Kesiapannya Mendukung Tim Porwanas PWI Sulsel

Laporan H. Manaf Rachman

Kapolrestabes Makassar, Kombes Pol DR. Mokhamad Ngajib, SIK, MH, berkunjung dan bersilaturahmi dengan jajaran pengurus PWI Sulsel, yang diterima langsung oleh Ketua PWI Sulsel, HM. Agus Salim Alwi Hamu di kantor PWI yang baru di Jalan Maccini Sawah No.12 Makassar, Selasa, 30 Juli 2024.

Kapolrestabes Makassar tiba di gedung PWI Sulsel pada jam 16.00 Wita yang didampingi Humas dan sejumlah pejabatnya, serta Kapolsekta Makassar yang disambut langsung oleh Ketua PWI Sulsel, H.M. Agus Salim Alwi Hamu didampingi Ketua Dewan Penasihat Andi Pasamangi Wawo.

Turut pula beberapa pengurus harian PWI Sulsel menyambut kedatangan Kapolrestabes Makassar, antara lain Wakil Ketua bidang organisasi Manaf Rachman, Wakil Ketua bidang Kesejahteraan, H.Mochtar Arifuddin, Wakil Ketua bidang Kerjasama, Arsyad Hakim, Bendahara serta ketua-ketua seksi dan juga Ketua Panitia Pelaksana Porwanas, H.Daswar.

Dalam sambutannya, Ketua PWI Sulsel, Agus Salim Alwi Hamu  menyatakan bangga dan  apresiasi yang sangat besar kepada Kapolrestabes Makassar, Kombes Pol DR. Mokhamad Ngajib, SIK, MH, karena di tengah kesibukannya, Ia sempat  meluangkan waktu untuk berkunjung ke Kantor PWI Sulsel sekaligus menjalin silaturrahmi untuk pertama kalinya dengan jajaran pers, khususnya para pengurus PWI Sulsel.

Agus menjelaskan, jumlah anggota PWI Sulsel dewasa ini mencapai 430 orang yang aktif dan memiliki kartu anggota PWI serta sebagian besar sudah mengikuti uji kompetensi wartawan.

Dijelaskan lagi, jumlah wartawan PWI Sulsel pernah tercatat sebanyak 900 orang anggota, namun karena sebagian sudah pindah memilih organisasi wartawan lainnya dan sebagian lainnya sudah tidak aktif keanggotaannya dan tidak memperpanjang keanggotaannya.

Dikatakannya, kehadiran Kapolrestabes Makassar di Kantor PWI Sulsel merupakan langkah awal untuk melakukan kerjasama ataupun sinergitas antara wartawan dengan kepolisian.

"Wartawan dan kepolisian memiliki peran dan tanggung jawab masing-masing, dimana wartawan bertugas menginformasikan  program kerja kepolisian kepada masyarakat, sebaliknya kepolisian juga punya peran untuk memberikan informasi kepada media, sehingga keduanya bisa bersinergi dan saling membutuhkan satu ssma lain," ujar Agus Salim.

Untuk itulah, Agus berharap kepada Kapolrestabes Makassar agar tidak segan-segan memberi teguran kepada oknun wartawan yang menyalahi kode etik dalam melaksanakan tugasnya.

Sementara itu, Kapolrestabes Makassar, Kombes Pol M.Ngajib dalam sambutannya meminta kepada seluruh anggota PWI untuk membantu kepolisian dalam menyukseskan Pilkada dan Pilgub serentak.

"Ayo para wartawan di Makassar agar bisa menyukseskan jalannya Pilkada dan Pilgub serentak, dengan tidak membuat berita-berita  bohong, provokasi yang bisa merusak suasana kondusif dalam menyongsong Pilkada maupun Pilgub serentak," ujar M.Ngajib di hadapan pengurus PWI Sulsel.

Terkait soal sinergitas polisi dengan wartawan, memang harus saling mengerti tugas dan peran masing-masing. Karena wartawan bertugas itu harus memperhatikan rambu kode etik, sedangkan polisi juga bertugas menjalankan aturan yang ada.

"Ayo saling memahami fungsi dan tugas peran masing-masing. Polisi senantiasa mengamankan aturan dan media juga bertugas sesuai kode etik, tapi mohon dimaklumi jika polisi juga membatasi tugas wartawan karena sesuai aturan yang berlaku. Jika  polisi melarang itu tidak bermaksud untuk menghalangi tugas wartawan, akan tetapi polisi juga menjalankan aturan sesuai SOP," ujar Kombes Ngajib.

Terkait dengan keikutsertaan PWI Sulsel Dalam Porwanas di Kalsel Pada pertengahan Agustus mendatang, Kapolrestabes Makassar siap mendukung kontingen Porwanas PWI Sulsel, semoga bisa meraih prestasi yang terbaik untuk Sulsel.

Kapolrestabes Makassar dalam diskusi dengan pengurus juga mengungkapkan harapannya agar kegiatan Polrestabes Makassar senantiasa dibantu untuk dipublikasikan kepada masyarakat, khususnya terkait dengan menjaga kamtibmas pada tahun politik, agar Pilkada dan Pilgub serentak bisa terlaksana dengan sukses seperti pada pencoblosan pemilu presiden dan legislatif.

Wakil Ketua bidang Organisasi PWI Sulsel, H.Manaf Rachman mengusulkan agar ke depan perlu kerjasama antara Polrestabes Makassar dengan PWI Sulsel, terkait dengan tugas masing-masing. Karena biasanya wartawan saat menjalankan profesinya di lapangan terkadang menjadi korban kekerasan dari oknum kepolisian yang tidak mengerti kerja-kerja dan tugas wartawan, sehingga pers kadang mendapat perlakuan yang kasar dan tidak layak, padahal wartawan bertugas juga dilindungi undang-undang pers.

Kapolrestabes Makassar, Kombes M.Ngajib menyatakan siap mendukung PWI untuk melaksanakan kegiatan bersama berupa  workshop jurnalistik yang diikuti oleh seluruh  wartawan dan juga  kepolisian, yang tujuannya agar bisa saling memahami fungsi dan peran masing-masing.

Acara silaturahmi diakhiri dengan pemberian sertifikat penghargaan kepada Kapolrestabes Makassar yang diserahkan langsung oleh Ketua PWI Sulsel, Agus Salim Alwi Hamu. (*)

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN