Pangdam XII/Tpr Beri Pembekalan Pasis Dikreg Seskoal Angkatan ke-60

SOROTMAKASSAR - Kubu Raya.

Panglima Kodam XII/Tanjungpura (Tpr) Mayjen TNI Sulaiman Agusto, SIP, MM memberikan pembekalan kepada para Perwira Siswa Pendidikan Reguler Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Pasis Dikreg Seskoal) Angkatan ke-60 Tahun Anggaran 2022 bertempat di Aula Sudirman Makodam XII/Tpr.



Pembekalan diikuti sebanyak 61 Pasis Dikreg Seskoal Angkatan ke-60 yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Dalam Negeri (KKDN). KKDN ini dilaksanakan dengan tujuan agar para Pasis mampu menganalis dan menggali data tentang potensi sumber daya nasional dan kekuatan serta kemampuan nyata pertahanan negara di daerah.

Dalam pembekalannya, Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Sulaiman Agusto memaparkan wilayah Kodam XII/Tpr berdasarkan perkiraan ancaman memiliki potensi ancaman aktual dan potensial. Untuk ancaman aktual seperti kejahatan lintas negara, bencana alam, penyebaran Covid-19, radikalisme dan terorisme, konflik komunal, spionase asing dan klaim wilayah kedaulatan.

"Sedangkan untuk ancaman potensial yaitu perang konvensional atau konflik terbuka dengan musuh," papar Mayjen TNI Sulaiman Agusto.



Menangani potensi ancaman tersebut, kata Pangdam, wilayah Kodam XII/Tpr sebagai Daerah Penyangga Ibu Kota Negara perlu disiapkan. Untuk itu Kodam salah satunya menggelar Komando Operasi XII operasi pengamanan perbatasan "Perisai Khatulistiwa" yang dilaksanakan sepanjang tahun di wilayah perbatasan RI-Malaysia.



"Secara struktur Koops ada 3 matra, terdiri dari : TNI AD (Makoops, Kolakops, 2 Satgaspur, 5 Satgaster, Satgasintel, Tim Penerbad), TNI AL (Satgasla) dan TNI AU (Satgasud). Perintah operasi Panglima TNI kepada Pangdam XIlTanjungpurambahwa pelaksanaan Ops Pamtas di wilayah RI-Malaysia sepanjang wilayah perbatasan Provinsi Kalbar untuk menegakkan kedaulatan negara, melindungi keselamatan bangsa dan
mempertahankan keutuhan wilayah NKRI," katanya. (*)

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN