Petani Menghadapi Wabah Corona

Pin It

Oleh : DR. Wahid Erawan
(Ketua Umum Gerakan Tani Syarikat Islam)

Virus Corona berpengaruh terhadap harga impor sembako di Indonesia. Adanya virus ini harusnya dimanfaatkan masyarakat Indonesia untuk memaksimalkan produk dalam negeri.

Produk dalam negeri harus dipacu untuk dikonsumsi sendiri. Jangan mengandalkan ketergantungan dengan impor produksi pertanian.

Seharusnya bisa memanfaatkan situasi ini untuk menaikkan kualitas dalam negeri agar petani bisa berpenghasilan dan negara dapat mengirit pembiayaan impor.

Perlunya pembinaan dari dinas terkait dan stakeholder untuk mengarahkan para petani agar bisa menghasilkan barang berkualitas yang nantinya digunakan oleh masyarakat Indonesia sendiri.

Indonesia dirasa mampu untuk melakukan swasembada. Menteri perdagangan dan menteri pertanian harus lebih bijak memberi izin impor terutama hasil pertanian.

Kalau mereka bisa mengatur lebih baik, karena kesempatan juga bagi importir untuk menaikkan harga apalagi dengan adanya virus Corona.

Menghadapi wabah virus corona ini sebaiknya kita tidak boleh panik, tetapi tetap harus tetap berwaspada. Beberapa langkah tersebut yaitu menjaga pola hidup bersih serta sehat, menjaga imun dan gizi, selanjutnya rutin berolahraga yang baik dan teratur.

Berdoa kepada Allah agar dijauhkan dari segala mara bahaya. meningkatkan kualitas ibadah kepada Allah SWT. (*)

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN