Unibos Utamakan Kualitas dan Kedisiplinan

SOROTMAKASSAR -- Makassar.

Universitas Bosowa (Unibos) yang merupakan salah satu universitas nasional, senantiasa mengutamakan kualitas yang dibarengi dengan kedisiplinan yang tinggi, sehingga mampu meraih peringkat kedua universitas terbaik di wilayah LLDikti IX. Pernyataan ini disampaikan Rektor Unibos, Prof. Dr. Ir. H. Muh. Saleh Pallu, MEg, saat bersilaturahmi dengan sejumlah wartawan, di Café Baca, Jl Adyaksa Makassar, Rabu, (20/01/2020).

Rektor mengemukakan, indikator pelaksanaannya kegiatan di Unibos, sesuai dengan indikator yang ditetapkan LLDikti dan Dikti. Mulai dari kualitas input, proses pembelajaran, output berkaitan dengan alumni, dan outcome yang bermanfaat bagi masyarakat.

"Sehingga, berdasarkan hasil penilaian tersebut, Unibos masuk peringkat ke dua universitas terbaik di LLDikti IX," tegas Rektor Unibos yang Didampingi Wakil Rektor I, Dr. Ir. Baharuddin, MSi, PhD, Wakil Rektor II, Dr. Mas'ud Muhammadiyah, MSi, Wakil Rektor III, Dr. Abdul Haris Hamid, SH, MH, dan staf Humas Unibos.

Mengenai indikator yang terkait dengan pengembangan akademik, yakni penelitian, pengabdian dan pengajaran, Saleh Pallu menjelaskan, Unibos merupakan salah satu universitas yang menerima banyak hibah penelitian. Bahkan untuk pengabdian kepada masyarakat, Unibos menjadi nomor satu se Indonesia, mendapat hibah penelitian di tahun 2020.

"Kami selalu melakukan berbagai program kegiatan berdasar inikator yang ditetapkan Dikti. Karena itu yang resmi. Dan dengan menekankan pada kedisiplinan yang tinggi, sesuai penilaiannya dari Dikti, Unibos di tahun 2020, masuk dalam jajaran 100 besar perguruan tinggi terbaik se Indonesia, dengan menduduki peringkat 82, dan universitas negeri pun termasuk di dalamnya," ungkapnya.

Menyangkut perkuliahan selama masa pandemi, Rektor menjelaskan, Unibos masih melaksanakan kegiatan secara daring. Namun, untuk program praktikum, sudah dilaksanakan secara offline.

"Praktikum itu merupakan kegiatan rill, jadi harus dilaksanakan secara langsung. Namun jumlah praktikan yang melaksanakan kegiatan, sangat dibatasi dan dilaksanakan secara ketat sesuai aturan protokol kesehatan," jelasnya.

Terkait penerimaan mahasiswa, Unibos senantiasa melakukan berbagai promosi media sosial dan bekerjasama dengan wartawan, sehingga masyarakat mengenal dan berkeinginan untuk masuk ke Unibos.

"Meski demikian, kami juga membatasi jumlah penerimaan mahasiswa, karena terkait dengan jumlah tim pengajar dan kapasitas ruang belajar. Rencana ke depan, kami akan membangun ruang kelas tambahan,"

Rektor menambahkan, dari visi misi, Unibos memiliki empat pilar yakni, tokoh nasional, teknologi informasi, wawasan global dan interpreneur.

"Makanya, sejak dulu, sebelum pandemi, Unibos selalu mendatangkan tokoh nasional yang berpengaruh," tandasnya. (zl)

 

Top Hit

Politik

Pendidikan

Seputar Sulawesi

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN