Nurdin Abdullah: Indonesia Ditakdirkan Jadi Sumber Pangan Dunia

SOROTMAKASSAR -- Makassar.

Gubernur Sulawesi Selatan, Prof. HM Nurdin Abdullah meyakini bahwa Indonesia telah ditakdirkan menjadi sumber pangan dunia. Sulawesi Selatan memiliki peran yang besar di sektor pertanian dan kelautan.



"Bahwa Indonesia sudah ditakdirkan untuk beri makan warga dunia. Indonesia sudah ditakdirkan sebagai negara agraris dan negara maritim," kata Nurdin Abdullah.

Hal itu disampaikan saat menghadiri pelantikan dan rapat kerja pengurus Pusat Ikatan Kekerabatan Masyarakat (IKM) Sidrap dan Pengurus Pusat Ikatan Sarjana Asal (ISA) Sidrap di Hotel Four Points by Sheraton, Senin (22/2/2021).

Ada sekitar 100 pengurus yang dilantik sebagai pengurus periode 2020-2025. Mereka yang hadir merupakan perwakilan berbagai bidang dengan mempertimbangkan pandemi Covid-19.

Selain dihadiri Gubernur, hadir juga Ketua DPRD Sulsel, Wakil Ketua DPRD Sidrap, Pj Wali Kota Makassar, Sekretaris Kabupaten Sidrap, Ketua DPRD Sidrap, Ketua IKM Sidrap Prof Alimuddin Unde dan Ketua ISA Sidrap Mahmud Lakaiya.

Nurdin mengaku bangga akan hadirnya dua organisasi besar asal Sidrap ini yang dapat menentukan perjalanan pembangunan daerah Sidrap. Termasuk sebagai lumbung pangan Indonesia yang juga memiliki peran memberikan makan warga dunia.

"Dengan potensi Sidrap, dengan IKM dan ISA Sidrap tidak hanya akan mendukung komoditas padi dan tetapi juga komoditas lain yang bisa diekspor," sebutnya.

SDM IKM dan ISA dapat melakukan pemetaan menemukan sumber daya yang sangat kompeten dalam mendorong percepatan pembangunan di Sidrap.

"Setiap kita berbicara, kita bisa jelaskan, kita punya eselon 1 di kementerian di Jakarta sekian orang. Kita punya kepala dinas di kabupaten/kota. Ini penting sekali, termasuk pengusahanya," tambahnya.

Sementara Sekretaris Kabupaten Sidrap, Sudirman Bungi menyampaikan, bahwa sangat besar perhatian dari Gubernur Sulsel untuk pembangunan atau menghadiri kegiatan secara langsung ke Sidrap.

"Banyak dukungan yang beliau arahkan dari Bantuan Keuangan Daerah, ini mendorong dan mengungkit percepatan pembangunan di Sidrap," sebutnya.

Sedangkan, Prof. Alimuddin Unde menyampaikan, warga Sidrap yang bermukim di Makassar sekitar 30 ribu orang dengan berbagai profesi dan komunitas.

Warga Sidrap, baik yang ada di Makassar maupun kabupaten lainnya dapat mendorong potensi daerah tempat mereka bermukim.

"Di mana ada orang Sidrap di situ potensi yang bisa dikembangkan dengan kompetensi yang dimiliki," ujarnya.

Ia juga berharap, Pemerintah Pusat, Pemprov dan Pemerintah Daerah Pinrang dapat mendorong peningkatan pendapatan daerah dengan berbagai aktivitas yang dioptimalkan.

"Yang telah kita lakukan, kemarin Kementerian Dalam Negeri dengan Universitas Hasanuddin dalam rangka pemetaan potensi daerah. Ini juga karena kita sudah ada kerjasama dengan Pemerintah Daerah kita dorong ke depan kabupaten bisa petakan desanya. Apakah itu pariwisata atau pertanian maupun industri," ungkapnya.

Dalam sambutannya, Mahmud Lakaiya menyampaikan rasa haru atas hadirnya tokoh-tokoh Sulsel dalam pelantikan ini sebagai bentuk kecintaan pada masyarakat Sidrap.

Ia mengapresiasi respon gubernur yang dengan cepat menerima audiensi pengurus demikian juga pembangunan infrastruktur dengan melakukan aspalisasi jalan.

"Kita sudah rasakan di jalan poros kalau dulu berlubang ini sudah beraspal. Semoga beliau diberikan kesehatan untuk memberikan sentuhan bagi Sidrap," harapnya.(*)

Politik

Pendidikan

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN