Tokoh Masyarakat Sidrap Apresiasi Nurdin Abdullah

SOROTMAKASSAR -- Makassar.

Ketua IKM Prof Andi Alimuddin Unde dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Sulsel Prof HM Nurdin Abdullah yang memperhatikan infrastruktur khususnya di Sidrap.

Kehadiran tokoh Sulsel di antaranya Gubernur Sulsel Prof HM Nurdin Abdullah, Ketua DPRD Sulsel Andi Ina Kartika Sari, Wakil Ketua DPRD Sulsel Syaharuddin Alrif pada acara Pelantilan dan Rapat Kerja IKM dan ISA jelasnya, merupakan bentuk perhatian terhadap masyarakat Sidrap.

Dijelaskan, Gubernur Sulsel memberi perhatian yang sungguh-sungguh terhadap Sidrap dalam bentuk pembangunan.

"Saya ucapan terima kasih kepada Gubernur karna poros Rapang - Pinrang sudah diaspal dan mulus. Demikian juga jalan poros Sidenreng - Soppeng sementara dikerja. Ini bentuk perhatian yang luar biasa terhadap Sidrap," jelasnya di Hotel Four Points by Sheraton, Senin (22/2/2021).

Sidrap, katanya, dapat juga pembangunan rest area. "Rest area modern di Sidrap dibangun 100 persen dengan anggaran dari Pemprov," tegasnya.

Sementara Ketua ISA Sidrap, Muhammad La Kaiya, mengatakan, sebagai perkumpulan sarjana, ISA akan konsen pada penelitian.

Riset pengembangan potensi lokal tepung telu untuk pertahankan harga, tepung beras harus diawali pada gabah untuk meningkatkan nilai tambah beras, dan pengembangan gula aren.

"Tujuannya ada peran ISA dalam peningkatan dan pengembangan PAD di Sidrap," jelasnya.

Menurut Alimuddin, sebanyak 30 ribu orang Sidrap berada di Makassar termasuk tukang mas di Jl Satando dan pedagang di Pasar Sentral merupaka potensi besar untuk membangun Makassar dan Sulsel.

Sementara itu, dalam sambutannya Gubernur Sulsel Prof HM Nurdin Abdullah, mengatakan, IKM dan ISA sangat menentukan kemajuan pembangunan Sidrap.

"ISA sudah mapping SDM yang bisa mengembangkan potensi sumber daya alam di Sidrap," jelasnya.

Sidrap, Pinrang dan Wajo, menurut Nurdin Abdullah, bukan hanya memberi peran terhadap Sulsel, akan tetapi juga menjadi penyangga pangan nasional.

Dalam kondisi APBD sangat terbatas dibanding kebutuhan, Nurdin Abdullah mengajak pemerintah dan masyarakat Sidrap untuk meningkatkan sinergitas.

"Keterbatasan anggaran harus disiasati dengan mengembangkan kolaborasi. Kalau pemerintah pusat, provinsi, dan daerah sinergi, semua akan ringan. Apalagi IKM dan ISA ambil peran," jelasnya.

Pada kesempatan itu, Nurdin Abdullah menjelaskan, pembangunan di Sidrap yang dibiayai dengan anggaran bantuan daerah bawahan APBD Sulsel karena pemerintah Sulsel dan DPRD selalu kompak karena memiliki visi yang sama.

Gubernur Sulsel setuju IKM akan mendata warga Sidrap yang di luar daerahnya. ISA petakan SDM. Kalau dua organisasi berkolaborasi dengan kuat bersama masyarakat dan pemerintah di Sidrap, ini menjadi potensi dan bisa memegang peran penting dalam memajukan daerah.(*)

Politik

Pendidikan

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN