Jalur Kereta Api Makassar - Parepare Butuh Infrastruktur Terintegrasi

SOROTMAKASSAR -- Makassar.

Pembangunan jalur kereta api Makassar - Parepare terus berlanjut. Pemerintah juga sementara mempersiapkan infrastruktur pendukung yang terintegrasi.



Sekretaris Daerah Provinsi Sulsel, Abdul Hayat Gani, mengungkapkan, hadirnya kereta api Trans Sulawesi jalur Makassar-Parepare, bisa memperlancar akses ekonomi. Masyarakat sudah cukup lama menunggu beroperasinya moda transportasi tersebut.

"Kita ingin melakukan percepatan. Dengan koordinasi yang intens, tentu akan mengurangi miskomunikasi," kata Abdul Hayat, saat memimpin Rapat Persiapan Lanjutan Pembangunan Jalur Kereta Api Lintas Makassar - Parepare, di Toraja Hall Kantor Gubernur, Rabu (20/1/2021).

Ia mengungkapkan, salah satu kendala dalam pembangunan jalur kereta api ini adalah pembebasan lahan. Selanjutnya, infrastruktur pendukung terintegrasi, seperti stasiun juga jalan menuju stasiun yang harus dituntaskan pemerintah.

"Stasiun harus jelas. Kemudian jalan pendukung. Ini semua butuh kepastian," ungkapnya.

Sementara, Sekretaris Dirjen Perkeretaapian Kementrian Perhubungan, Zulmafendi, pembangunan jalur kereta api Makassar - Parepare menjadi perhatian dan prioritas Menteri Perhubungan. Bahkan, sebelum datang ke Makassar, ia diwanti-wanti agar proyek tersebut bisa selesai sebelum tahun 2024.

"Akses jalan ke stasiun, angkutan menuju ke stasiun, itu semua harus terintegrasi. Mohon agar ini menjadi perhatian pemerintah daerah," ujarnya.

Ia juga mengevaluasi mengenai proses pembebasan lahan. Dimana saat ini, terdapat 1.600 lebih bidang yang dikonsinyasi dan 800 bidang bisa diselesaikan.

"Pembebasan lahan ini harus terus kita dorong. Pemerintah daerah harus lebih massif melakukan pendekatan ke masyarakat," kata Zulmafendi.

Turut hadir dalam rapat tersebut, Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jawa Bagian Timur, Kepala Kejaksaan Tinggi Sulsel, Kepala BPN Makassar, Wakil Wali Kota Parepare, dan perwakilan pemerintah daerah yang dilalui jalur kereta api Makassar - Parepare. (*)

Politik

Pendidikan

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN