Debat Publik Pilkada Tana Toraja Ala Pilpres Amerika

SOROTMAKASSAR -- Tana Toraja.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tana Toraja menggelar debat publik kedua di Hotel Metro Permai, jalan poros Makale-Rantepao, Kecamatan Makale Utara, Selasa (01/12/2020).

Bertekad ingin mengulang kesuksesan pada debat publik pertama yang digelar bulan Oktober lalu di Kecamatan Bittuang, pada pelaksanaan debat publik kedua, KPU Tana Toraja kembali mengusung konsep berbeda.

Ketua KPU Tana Toraja, Rizal Randa menjelaskan, pihaknya berharap pelaksanaan debat kedua juga bisa berjalan seperti yang diharapkan.

"Jika debat pertama dulu kita gelar di ibukota kecamatan, nah pada debat kedua ini kita tetap mengambil lokasi di Tana Toraja namun dengan konsep berbeda," terang mantan jurnalis ini.

Menurut Rizal Randa, pada debat kedua ini, pihaknya menghadirkan konsep ala debat Pemilihan Presiden Amerika Serikat. "Konsep panggung hingga podium moderatornya kami design ala debat Pilpres Amerika. Pesan yang kami ingin sampaikan adalah, meski digelar di daerah namun kami tetap bisa menghadirkan konsep berbasis teknologi modern," jelas Rizal.

Mantan jurnalis SCTV ini menambahkan, dirinya berharap debat kedua ini akan lebih santai dan lebih spesifik.

"Debat kali ini kami coba bawakan lebih santai dan lebih spesifik karena berkaitan dengan bidang kerja pemerintahan. Misalnya, soal pariwisata, penegakan hukum dan bagaimana pemimpin yang terpilih nanti menangani ekonomi di tengah pandemi ini. Jadi ini yang harus jadi perhatian para calon dalam menjawab pertanyaan yang disusun oleh panelis," ujarnya.

Rizal juga berharap agar debat kedua ini bisa berjalan dengan baik, lancar, tertib dan aman.

"Semua tergantung pada kita semua. Aman atau tidaknya kegiatan ini kembali pada kita semua. Dan yang tak kalah pentingnya, mari jaga kesehatan, jaga jarak dan tetap menjalankan protokol kesehatan," imbuhnya.

Pada debat kedua yang merupakan sesi terakhir ini, pihak KPU Tana Toraja memberi mandat kepada Dr Hasrullah sebagai moderator. "Selain itu ada juga lima panelis dari berbagai disiplin ilmu," papar Rizal.

Pilkada Tana Toraja yang digelar 9 Desember nanti diikuti tiga pasangan calon (Paslon). Paslon nomor urut 1 yakni
Theofilus Allorerung dan dr Zadrak Tombeq, Sp.A. Paslon nomor urut 2 yakni
Ir Nicodemus Biringkanae dan Viktor Datuan Batara, SH. Sementara paslon nomor urut 3 yakni
Drs Albertus Patarru Ak, MM dan Drs John Diplomasi.

Debat publik kedua Pilkada Tana Toraja disiarkan secara langsung di channel youtube KPU Toraja, Tribun Timur serta seluruh jaringan tv kabel yang ada di Tana Toraja dan Toraja Utara. (*at)

Politik

Pendidikan

Seputar Sulawesi

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN