Risiko Bencana Diperkirakan Makin Tinggi, Walikota Perintahkan Jajarannya Menyebar

SOROTMAKASSAR -- Makassar.

Berdasakan laporan aplikasi satelit "Meteo Earth" dan aplikasi air pasang, diperkirakan risiko bencana alam banjir di wilayah Kita Makassar akan semakin meninggi sampai Selasa (22/01/2019) malam ini.

Karenanya, untuk mengantisipasi hal tersebut, Walikota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto memerintahkan seluruh aparat di jajaran Pemerintah Kota Makassar segera menyebar ke lokasi bencana.

Perintah tertulis Walikota Makassar yang banyak menyebar via pesan WhatsApp adalah sebagai berikut :

1. Camat dan Lurah untuk segera menyebar ke Lokasi Bencana dan segera melakukan Pengungsian Warga di wilayah Bahaya Bencana tanpa terkecuali dan segera berkoordinasi dengan SKPD terkait. Sekcam dan Seklur segera memberi Laporan dalam bentuk Data Terukur dan Lengkap di grup  “Makassar Siaga Bencana 2019" setiap 2 jam.

2. Seluruh sumber daya di kecamatan dikerahkan untuk penanggulangan bencana. Segera membuka Posko Bencana 24 jam, dan segera membuka grup “Makassar Siaga Bencana 2019”.



3. Dinas PU, memobilisasi semua Mobil Truk PU yang ada untuk membantu Pengungsian, dan mengerahkan semua Sumber Daya untuk membantu penanganan bencana di semua wilayah Makassar.

4. Dinas Sosial, mendistribusikan semua Jenis Bantuan yang dibutuhkan masyarakat baik yang berasal dari Pemkot maupun yang berasal dari Masyarakat.

5. Dinas Kesehatan, segera menurunkan tim kesehatan 24 jam di semua titik bencana dan mendistribusikan obat dan vitamin yg dibutuhkan masyarakat.

6. BPBD, segera Melakukan Tindakan Cepat dan membagi Tim BPBD di semua Lokasi Bencana dengan peralatan yang lengkap, Jaga Kemungkinan Air yang berasal dari Dam Bili-Bili, dan terus di monitoring.

7. Dinas Infokom, segera melakukan pemantauan dengan CCTV dan mengintegrasikan semua Informasi Kebencanaan 'Real Time' termasuk memantau Informasi Kondisi Dam Bili-Bili.

8. Dinas Perhubungan, segera mengatur lancarnya Transportasi Bantuan khususnya di Wilayah Bencana, serta di semua jalan di Kota Makassar, dan segera berkoordinasi dengan semua pihat terkait

9. Satpol PP, segera menurunkan kekuatan penuh untuk Membantu Pengungsian dengan cepat terkhusus di Wilayah Bencana yang sedang atau kemungkinan akan terjadi Bencana seperti di sepanjang kanal, sepanjang sungai Jeneberang, sepanjang Sungai Tallo dan daerah langganan banjir tetap.

10. Kabag Kesra, segera berkoordinasi dengan semua Alim Ulama, para Pendeta, dan pemuka agama lainnya, untuk Memimpin Doa Bersama Masyarakat agar Kota Makassar terhindar dari Bencana yang Lebih Besar dan memohon perlindungan dari semua Bencana yang tidak pernah kita bayangkan sebelumnya.



11. Dinas Pemadam Kebakaran, segera menurunkan semua Tim dan semua Peralatan serta semua Sumber Daya untuk membantu di Wilayah Bencana, 24 jam.

12. Dinas Kelautan dan Perikanan, segera mempersiapkan bantuan maksimal ke para Nelayan yang kemungkinan bisa terisolir di 12 Pulau-Pulau di Makassar.

13. Dinas DP3, segera menangani Korban Bencana terkhusus Kaum Perempuan dan Anak-anak.

14. Dinas Pendidikan, kalau eskalasi banjir makin besar, maka segera Sekolah-Sekolah tersebut Diliburkan untuk mengurangi dampak bencana. Tugaskan semua Kepala Sekolah segera selamatkan Properti Sekolah.

15. Komposisi "Koordinator Penanganan Bencana 2019”

Tugas : Memimpin penanggulangan bencana sampai selesai.

- Biringkanaya (ASS 2)
- Tamalanrea (ASS 1)
- Manggala (ASS 3)
- Tamalate (SAW 1)
- Panakukkang (SAW 2)
- Tallo, Bontoala, Ujung Tanah, Wajo, Sangkarrang (SAW 3)

Ketua Koordinator : Walikota Makassar.

16. Semua Perintah ini Segera Dilaksanakan secara Cepat dan Tepat serta Memberi Laporan Setiap 2 Jam di Grup "Makassar Siaga Bencana 2019".

17. Himbauan kepada semua masyarakat agar menjaga semua anggota keluarganya terkhusus Anak, sebaiknya tidak bepergian, menjaga agar berhati hati terhadap pohon dan benda-benda yg berpotensi Rubuh, serta berhati hati terhadap Aliran Listrik dan mempersiapkan segala kemungkinan terburuk.

18. Mari semua kita berdoa agar Allah SWT senantiasa melindungi kita dan kota kita Makassar dari bencana yang lebih besar, Amin.

Selasa, 22 Januari 2019
Walikota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto. (*)

Top Hit

Politik

Pendidikan

Seputar Sulawesi

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN