Pemda Lutra-Taspen Tandatangani MoU, Jaminan JKK dan JKM Tenaga Non ASN dan PPPK

SOROTMAKASSAR -- Luwu Utara.

Sebagaimana diketahui bila selama ini PT Tabungan Pensiun (Taspen), hanya menyediakan program Jaminan  Kecelakaan Kerja (JKK) dan  aminan Kematian (JKM) bagi  seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) ataupun pejabat negara, termasuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).



PT Taspen resmi memberikan menjamin tersebut kepada seluruh non PNS dan PPPK di Kabupaten Luwu Utara (Lutra), Sulawesi Selatan.

Hal itu didasari kerja sama berupa penandatangan MoU  antara PT Taspen dengan Pemkab Lutra.

Penandatanganan MoU itu dilakukan langsung Bupati Lutra, Indah Putri Indriani dengan Branch Manager PT Taspen (Persero) Cabang Palopo, Sutrisno, Rabu (3/3/2021) di ruang kerja Bupati Lutra.

“Pemda menyambut baik dan mengapresiasi program PT Taspen. Ini merupakan program yang baik. Bagi kami, selain mementingkan berbagai program pembangunan, juga masalah kesejahteraan para PNS ataupun pegawai non PNS,” ungkap Indah.

Melalui program Taspen ini, katanya, para PNS atau non PNS dan PPPK akan merasa terjamin. Etos dan semangat kerja para aparatur pun ke arah yang lebih baik.

“intinya, manfaat ini akan dapat dirasakan nantinya. Sesuai PP Nomor 49 Tahun 2018  semua tenaga non PNS dan PPPK yang menjadi beban APBD berhak mendapatkan fasilitas JKK dan JKM selama aktif bekerja, dan dilaporkan ke PT Taspen sesuaj PP Nomor 70 Tahun 2015 tentang manajemen ASN,” ujarnya.

Sementara itu Kepala PT Taspen (Persero) Cabang Palopo, Sutrisno mengatakan, program tersebut mengacu PP Nomor 49 Tahun 2018 tentang manajemen pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja, dimana untuk PNS atau Aparatur Sipil Negara (ASN), non ASN dan PPPK yang bekerja pada instansi dan lembaga pemerintah, maka akan dijamin JKK dan JKM oleh Taspen.

“Dengan telah dilakukannya MoU bersama dengan Pemkab Lutra, maka PT Taspen telah memberikan jaminan dan perlindungan mengcover penuh untuk program JKK dan JKM bagi non PNS/ASN dan PPPK, ” tuturnya.

Sekadar diketahui pada tahun berikutnya, Pemda Lutra juga memberi perlindungan kecelakaan kerja dan kematian pada 3.000 tenaga pendidik non ASN secara bertahap.

"Untuk non ASN dan PPPK, Pemda sudah rencanakan denfan total keseluruhan yang sudah dicover sekitar lima ribuan. Dan ini sudah menjadi komitmen kita untuk memberikan perlindungan jepadz tenaga non ASN dan PPPK, walauoun secara bertahap," tandasnya. (yus)

Politik

Pendidikan

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN