Nurdin Abdullah Tinjau Progres Pembangunan Lubang Asupan Air dan Saluran Irigasi Cenranae Wajo

SOROTMAKASSAR -- Wajo.

Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Prof HM Nurdin Abdullah, melakukan peninjauan pembangunan irigasi Cenranae, Lampulung, Kecamatan Pammana, Kabupaten Wajo, Sabtu, 9 Januari 2021. Didampingi Bupati Wajo, Amran Mahmud beserta Forkopimda Wajo, gubernur meninjau pembangunan lubang asupan air dan saluran irigasi sepanjang 850 meter.


Lubang asupan air sedalam 12 meter dilengkapi dengan empat pompa untuk memompa air danau naik ke saluran dan menjadi sumber air bagi sembilan desa di musim kemarau. Dua pompa masing-masing dapat menyerap air hingga 400 liter per detik, sementara dua lainnya menyerap 200 liter setiap detik.

"Sawah tadah hujan kita besar, bagaimana hadir teknologi untuk memanfaatkan potensi air untuk peningkatan produksi pertanian yang ada di Wajo. Kalau ini berfungsi, kurang lebih 2.300 hektare sawah di Wajo bisa panen tiga kali setahun," terang Nurdin.

Ia melanjutkan, selain mampu menampung air untuk irigasi sawah, lubang asupan air ini juga berfungsi sebagai pengendali banjir.

"Kita berharap, Wajo dengan luas areal persawahan yang begitu besar, pemerintah provinsi akan hadir memberi support dengan menambah debit air sehingga sawah irigasi teknis akan semakin besar," jelasnya.

Sementara, Bupati Wajo Amran Mahmud mengungkapkan rasa terima kasih mendalam atas bantuan pembangunan infrastruktur yang diserahkan Pemerintah Provinsi Sulsel.

"Kami rasakan bagaimana perhatian, support, komitmen selama dua tahun ini, kami dibantu dengan berbagai program dari provinsi, bahkan dengan dana transfer daerah yang diserahkan tahun 2019 kemarin senilai Rp 72 miliar," kata Amran.

"Sangat luar biasa dinikmati masyarakat, bahkan walaupun dalam kondisi Covid-19," tutupnya. (*)

Politik

Pendidikan

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN