Bagi-bagi Masker, Ziarah Kubur, Diskusi Hingga Ramah Tamah Warnai Peringatan HUT ke-74 Harian Pedoman Rakyat


SOROTMAKASSAR -- Makassar.

Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 (1 Maret 1947 - 1 Maret 2021) Harian Pedoman Rakyat Makassar, serangkaian kegiatan acara digelar selama 3 (tiga hari) yang dihadiri puluhan alumni wartawan dan karyawan dari koran yang pernah menjadi kebanggaan rakyat Sulawesi Selatan di tahun silam ini.


Diawali dengan acara silaturahmi Pra Reuni pada Sabtu (27/02/2021) siang yang berlangsung di kediaman mantan Pemimpin Redaksi Harian Pedoman Rakyat, Drs. H. L. Arumahi (kini Ketua Bawaslu Sulsel) yang turut turut dihadiri wartawan senior Verdy R Baso dan Anwar Lakasi, SH serta puluhan alumni wartawan dan karyawan Pedoman Rakyat.

Kemudian kegiatan bakti sosial bagi-bagi masker di Jln Arief Rate depan Gedung Harian Pedoman Rakyat, Minggu (28/02/2021) siang. Sebelum bagi-bagi masker, rombongan alumni wartawan dan karyawan yang mengenakan kaos seragam mengunjungi kediaman Drs Vence Manuhua, putra tertua dari almarhum LE Manuhua (mantan Pemimpin Umum dan salah seorang pemegang saham Harian Pedoman Rakyat).

Usai bagi-bagi masker, kegiatan dilanjutkan dengan ziarah kubur ke makam LE Manuhua dan nyonya di Pekuburan Kristen Pannara. Dalam ziarah kubur tersebut, rombongan yang dipimpin Drs. H. L. Arumahi didampingi Panitia HUT ke-74 Pedoman Rakyat, James Wehantouw (Ketua) dan Muh. Arafah, SH, MH (Sekretaris) melakukan tabur bunga hingga hening cipta sejenak di depan pusara Tokoh Pers Nasional ini.

Rombongan alumni wartawan dan karyawan Pedoman Rakyat selanjutnya meneruskan aksi bagi-bagi masker kepada sejumlah pengendara motor maupun mobil yang melintas di Jln Adhiyaksa Makassar, depan Kafe Baca di Kompleks PAUD Dikmas Sulsel yang dipimpin Manaf Rahman (Wakil Ketua PWI Sulsel) dan Rukman Nawawi (Ketua PWI Kabupaten Wajo) serta Bisman (Ketua PWI Kabupaten Pangkep).

Rangkaian kegiatan masih berlanjut dengan menggelar diskusi tentang profesionalisme wartawan di era digital sekarang ini, yang dilaksanakan di Kafe Baca dengan pembicara, wartawan senior dan Tokoh Pers Sulsel versi Dewan Pers, Dr. H. M. Dahlan Abubakar, MS didampingi Drs. H. L. Arumahi dan dipandu Muh. Arafah, SH, MH.

Tampak hadir dalam kegiatan diskusi yang diwarnai tanya jawab tersebut diantaranya wartawan senior Leonard Leleng, Ardhy M Basir, Mulawarnan dan beberapa eks wartawan/koresponden dari daerah seperti Pinrang (Thamrin Nawawi), Soppeng (Moh. Sumardy), Wajo (Rukman Nawawi), Pangkep (Ratna dan Bisman) dan Jeneponto (Rizal).

Selesai acara diskusi, digelar malam ramah tamah di Kafe Baca yang disemarakkan pemotongan nasi tumpeng dan tiup lilin kue ulang tahun sambil menyanyikan lagu 'Selamat Ulang Tahun' dengan iringan musik elekton. Pemotongan nasi tumpeng dilakukan secara simbolis oleh Leonard Leleng dan peniupan lilin kue ulangtahun oleh Mulawarman.

Ramah tamah yang berlangsung hingga larut malam dan tetap menerapkan protokol kesehatan ini dimeriahkan pula hiburan musik dan lagu yang ditampilkan secara bergantian oleh alumni wartawan dan karyawan Pedoman Rakyat. Bahkan Dr. H. M. Dahlan Abubakar, MS tak mau ketinggalan tampil membawakan puisinya.

Acara ramah tamah ini juga diwarnai sholat berjamaah di Masjid Kompleks PAUD Dikmas Sulsel, kemudian santap malam bersama serta pulangnya membawa ole-ole ikan bandeng dan udang dari empang di Kabupaten Pangkep yang merupakan sumbangan dari isteri almarhum Asdar Muis (salah seorang dedengkot Harian Pedoman Rakyat di era kepemimpinan Peter Gosal).

Dan tepat pada Senin 1 Maret 2021 mulai sore sampai malam hari di Kafe Baca, rangkaian kegiatan peringatan HUT ke-74 Pedoman Rakyat diakhiri dengan acara kumpul-kumpul bernostalgia sambil membahas rencana pengukuhan pengurus IKA Pedoman Rakyat maupun program kedepannya, dan ditutup dengan doa bersama yang dipimpin Drs Asnawin. (iw-erw)

Politik

Pendidikan

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN