Hidupkan Industri Kerajinan di Sulsel, Lies F Nurdin Dorong Peningkatan Kualitas Hingga Bantuan Permodalan

SOROTMAKASSAR -- Makassar.

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sulawesi Selatan (Sulsel), Lies F Nurdin, memiliki perhatian besar terhadap industri kerajinan. Menurutnya, Sulsel memiliki potensi industri kerajinan yang luar biasa, dan tidak kalah dengan provinsi lain di Indonesia.



Saat berkunjung ke kawasan pengrajin logam di Kelurahan Borong, Kecamatan Manggala, Kota Makassar, Lies takjub melihat keindahan hasil tangan mereka. Ia bahkan berjanji akan membawa tamu-tamu Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel untuk berkunjung ke kawasan tersebut.

"Apa yang dihasilkan pengrajin di sini sangat luar biasa," puji Lies.

Menurutnya, para pengrajin membutuhkan perhatian. Hasil kerajinan mereka seharusnya dipajang di galeri. Lokasi pengrajin di lorong-lorong, tentu menyulitkan jika ada tamu asing yang ingin berkunjung.

"Kalau ada tamu asing, tidak mungkin kita datangi rumah pengrajin  satu per satu. Alhamdulillah, sudah dibangun galeri, hanya belum selesai," ujarnya.

Perhatian Lies juga tertuju pada desain. Ia pun berjanji akan mengirim para pengrajin perak tersebut ke Bali untuk belajar desain.



"Selama ini sudah bagus, tapi kan harus ada model yang lain. Kemudian harus mengikuti juga selera milenial," terangnya.

Selain mengunjungi Kawasan Pengrajin Logam di Kelurahan Borong, Lies juga mendatangi pusat industri kerajinan enceng gondok yang ada di Jalan Serui, binaan Mimi Kudriati. Hasil kerajinan di tempat ini pun bermacam-macam. Mulai kursi, tas, hingga sendal.

"Saya sangat berharap, supaya UMKM kita diperhatikan. Karena itu, saya bersama Ibu Wali Kota datang, apa yang kita bisa support, supaya pengrajin kita bisa berkembang dengan baik," tuturnya.

Untuk pengembangan industri kerajinan ke depan, Dekranasda juga menggandeng Bank Indonesia (BI) untuk membina dan membantu dalam hal permodalan bagi sentra produksi. Salah satunya, pengrajin logam atau silver yang ada di Kelurahan Borong, yang jumlahnya mencapai 50 pengrajin. (*)

Politik

Pendidikan

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN