Sukri Sappewali Undang Gubernur Hadiri Hari Jadi Bulukumba Ke-61

*Bahas Pembangunan Bira dan Bandara

SOROTMAKASSAR -- Makassar.

Gubernur Sulawesi-Selatan, Prof. Nurdin Abdullah menerima kunjungan silaturahmi Bupati Bulukumba, AM Sukri A Sappewali di Ruang Kerja Gubernur, Kantor Gubernur Sulsel, Senin (18/1/2021).



Tujuan kedatangannya untuk mengundang Gubernur Nurdin Abdullah menghadiri HUT ke-61 Tahun pada 4 Februari mendatang. Selain itu juga membahas terkait rencana pembangunan yang ada.

"Jadi Pak Bupati ini menyampaikan beberapa kegiatan termasuk HUT Bulukumba tanggal 4 Februari, kita diundang ke sana, sekaligus meresmikan beberapa kegiatan yang dibiayai Pemerintah Provinsi, terutama pembenahan Kawasan Wisata Bira," kata Nurdin Abdullah.

Gubernur juga meminta Bupati Bulukumba, AM Sukri A Sappewali agar tetap memprioritaskan penanganan Covid-19.

Pada hari jadi tersebut, bantuan dalam rangka pembangunan Bulukumba, khususnya Bira juga akan diserahkan, seperti dua mobil untuk mengantar pengunjung Bira dari tempat parkir yang akan mengantar mengeksplor tempat wisata favorit di selatan Sulsel tersebut.

Untuk menertibkan perparkiran, juga sudah disiapkan lahan parkir seluas 2 hektare, kendaraan akan parkir di tempat tersebut dan kemudian dijemput dengan mobil wisata.

"Sambil beliau juga akan meresmikan bantuan yang diberikan pada Tahun Anggaran 2020," sebutnya.

Adapun untuk anggaran penataan Bira, Sukri mengajukan Rp 90 miliar. Ini untuk membiayai objek wisata dan jalan-jalan strategis yang ada.

Pembangunan infrastruktur di antaranya jalan penghubung antara Kecamatan Gantarang dengan Kecamatan Bulukumpa, penyelesaian pedesterian Bira atau Titik Nol Bira kemudian Rock Bar.

"Saya kira, laksanakan bertahap karena Bira akan dilaksanakan sebagai objek wisata utama," ujarnya.

Hal lain yang disampaikan adalah rencana pembangunan bandara yang akan dibangun di Bira. Sejauh ini telah dilakukan pembebasan lahan, rencananya akan dibangun tahun ini.

"Seluas 95 hektare itu area bandara. Kementerian akan membangun bandara yang rencananya mulai tahun ini. Pembebasan lahannya sudah final. Lahan sudah kita siapkan, urusannya kapan dimulai itu Kementerian, yang penting sudah kita siapkan," jelasnya.

Selain itu, dari Kementerian juga akan memberikan pembangunan rest area sebesar Rp 40 miliar.

"Ada juga rest area yang diberikan kementerian itu Rp 40 miliar. Bandara itu Rp 70 miliar, kenapa biaya ringan, karena di sana sudah ada bekas bandara Jepang," imbuhnya.

Sukri sendiri tahun ini akan mengakhir masa pengabdiannya sebagai bupati dua periode. Maka ia menyampaikan harapannya kepada masyarakat. Bahwa pergantian kepemimpinan adalah wajar dalam suatu organisasi. Siapapun pemimpin yang dipilih adalah amanah rakyat, untuk itu masyarakat patuh dan mengikuti arah pimpinan.

"Yang paling penting kita ambil hatinya masyarakat dan masyarakat Bulukumba itu sangat terbuka hatinya untuk kita bersama. Harapan saya pemimpin baru, harus segera mengambil hati itu bukan memimpin karena otoritas yang dia miliki. Tetapi memimpinlah dengan hati," pungkasnya.(*)

Politik

Pendidikan

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN