NA-Basli Ali Koordinasi Program Pemprov Sulsel-Pemkab Selayar 2021

SOROTMAKASSAR -- Makassar.

Gubernur Sulawesi Selatan, Prof. HM Nurdin Abdullah (NA) dan Bupati Kabupaten Kepulauan Selayar, Muhammad Basli Ali di Ruang Kerja Gubernur Sulsel, Selasa (12/1/2021). Mereka membahas koordinasi program Pemprov dan Pemkab Selayar untuk tahun 2021.



Hadir juga Sekda Selayar Marjani Sultan, Ketua Tim Gubernur Untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) Ariady Arsyal dan Akib Patta anggota TGUPP dan mantan Bupati Selayar.

Nurdin menyebutkan bahwa Selayar adalah daerah yang sangat potensial baik dari sisi potensi pariwisata dan perikanan. Namun, dari kemampuan APBD tidak cukup untuk menyelesaikan berbagai kebutuhan-kebutuhan masyarakat. Sehingga membutuhkan kolaborasi dengan Pemerintah Provinsi.

"Kita berharap, kita pancing Selayar ini dengan membangun infrastruktur. Yang kedua menghadirkan tenaga listrik, tidak lagi menggunakan genset. Kita berharap kabel bawah laut itu sudah bisa kita hubungkan Selayar. Sehingga ketersediaan listrik sangat memadai untuk pembangunan pariwisata," kata Nurdin Abdullah.

Selain itu juga membicarakan rencana pembukaan kawasan industri perikanan terpadu (KIPT). Dan progres usulan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Selayar.

"KEK juga akan kita dorong cepat. Yang inti, Selayar tidak bisa kita lihat sebelah mata. Tapi kita harus melihat bahwa Selayar ini potensi besar yang dimiliki oleh Sulawesi Selatan," sebutnya.



Sedangkan, Basli Ali menyampaikan kepada Gubernur bahwa pelaksanaan Pilkada Selayar berjalan dengan lancar.

"Pelaksanaan Pilkada si Selayar dapat berjalan dengan lancar. Sampai hari ini tidak ada masalah, dan gugatan pun tidak ada. Dan, insyaallah mungkin kalau tidak ada halangan kami akan ditetapkan jadi bupati dan wakil bupati Selayar," kata Basli yang juga kembali bertarung dalam kontestasi Pilkada sebagai calon bupati.

Ia menyebutkan dibawah kepemimpinan Nurdin Abdullah banyak program yang dihadirkan di Selayar.

"Sekaligus menyampaikan beberapa harapan kami kepada Pak Gubernur terkait persoalan ini listrik, pengembangan penataan perkotaan di Selayar. Juga persoalan perikanan," paparnya.

Menurutnya, Nurdin sangat memberikan respon baik dalam menyelesaikan persoalan dan mendorong untuk segera melakukan rapat dan koordinasi dengan instansi teknis yang ada di Pemprov Sulsel.

Di Selayar diharapkannya ada kawasan perikanan terpadu dan akan menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi.

"Jadi ini beliau akan membantu kami agar KIPT ini bisa dapat berjalan. Karena ini sebuah kawasan yang harus didesain dengan baik dan Pak Gubernur siap membantu agar KPIT ini bisa berjalan dengan baik," harapnya.

Ia menyebutkan Pemrov juga akan akan membangun hotel di Selayar. Unsur kebudayaan Selayar akan dimasukkan dalam rancang dan desain bangunan.

"Hotel ini rencananya tahun ini, untuk mendukung KEK ini. Anggarannya itu Rp 20-30 miliar.(*)

Politik

Pendidikan

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN