Harga TBS Tak Menentu, Petani Sawit di Kabupaten Lutra Mulai Resah


SOROTMAKASSAR -- Luwu Utara.
  
Harga Tandan Buah Segar (TBS) Kelapa Sawit tak menentu dan selalu mengalami penurunan. Petani Kelapa Sawit di Luwu Utara mulai resah.

Bahkan di Kecamatan Sabbang Selatan petani Sawit H. Nasir membakar pohon sawitnya untuk menanam jagung yang menjanjikan setiap panen harga terus naik jagung ini.

H. Nasir sengaja membakar kebun sawitnya lantaran hasilnya sudah tidak bisa diharapkan untuk menutupi kebutuhan rumah tangga setiap hari.

“Harganya disini tidak menentu atau anjlok perkilogram pak, lebih baik saya tebang dan menanam jagung yang menjanjikan harganya tiap panen,” ungkap H. Nasir kepada media ini, Sabtu (14/09/2019).

Menurutnya, harga yang sangat rendah itu menyebabkan petani sudah tak bisa berpenghasilan yang layak, sebab harga penjualan hanya bisa menutupi pembelian pupuk yang harganya cukup mahal.

“Kami sudah menderita bertahun-tahun, akibat harga yang terus menerus mengalami penurunan, kami sudah tidak tahan terpaksa ditebang saja," kesalnya.

Ia menambahkan lagi, niat baik menanam kelapa sawit dengan tujuan mendapatkan kesejahteraan. Namun Harga kelapa sawit anjlok. Itulah saya tebang dan bakar.

Sementara itu, Sekretaris Forum Petani Kelapa Sawit Berkelanjutan Indonesia Luwu Utara, Mahmuddin mengatakan, secara nasional harga TBS memang mengalami penurunan, hal tersebut diakibatkan naiknya pajak impor sejumlah negara tujuan CPO.

“Semestinya, harga TBS naik seiring menguatkan mata uang dollar terhadap rupiah, tapi yang terjadi malah sebaliknya, harga terus mengalami penurunan,” tukasnya. (yustus)
 
 

Politik

Pendidikan

Seputar Sulawesi

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN